Home » » Contoh Program Sederhana Menggunakan Pascal

Contoh Program Sederhana Menggunakan Pascal

Written By Maulana Affan on Jumat, 31 Oktober 2014 | 19.05

Selamat Malam kawan..
Bagaimana kabar kalian hari ini, semoga baik-baik saja. Amiin.
Sudah lama saya nggak update artikel lagi, akibat sibuk dengan kegiatan belajar dan sedikit agak males juga. Hehe..
By the way, saya punya kegiatan baru akhir-akhir ini. Yap.. belajar buat program pascal. Saya belajar pascal dari buku yang saya pinjam di perpustakaan sekolah. Oh.. ya, sekarang saya sudah kelas 1 SMA, tepatnya di SMA Negeri 2 Kebumen. Salah satu sekolah favorit di Kota Kebumen (menurtu orang sih.. begitu).

Kembali ke topik. Dari buku yang saya pinjam, saya belajar sedikit tentang algoritma dan pemrograman. Ya.. walaupun belum terlalu hebat, setidaknya sudah tau dan mau belajar itu sudah bagus. Hehe.. Sebenarnya sudah dari dulu saya ingin belajar pemrograman, tapi saya nggak menemukan buku tentang program di SMP saya dulu.

Ok. Berhubung lagi belajar tentang pascal, kali ini saya mau berbagi artikel tentang program-program pascal yang saya buat. Masih sederhana sih.. belum terlalu banyak perhitungan dan kode. Tapi lumayan lah buat digunakan dalam sehari-hari ataupun belajar. Baik, ini dia programnya.

1. Program menghitung hari

program hari_bulan_tahun;
{Maulana Affan 25/10/2014 9:59}


uses crt;

var
  hari, bulan, tahun, sisa1, sisa2 : integer;


begin
  clrscr;
  writeln (' Program Menghitung Hari');
  writeln ('==================');
  writeln;
  write ('Tulis Jumlah Hari =  ');
  readln (hari);


  tahun    := hari div 365;
  sisa1     := hari mod 365;
  bulan    := sisa1 div 30;
  sisa2     := sisa1 mod 30;
  hari       := sisa2;


  writeln;
  writeln ('Berikut hasilnya =  ',  tahun,  '  Tahun ');
  writeln ('                             ',  bulan,  '  Bulan ');
  writeln ('                             ',  hari,   '  Hari  ');
  writeln;
  writeln ('Terima Kasih Telah Mencoba.');
  readln;
end.


2. Program hari menjadi jam, menit dan detik

program hari_waktu;
{Maulana Affan 25/10/2014 10:21}


uses crt;

var
  hari, jam, menit, detik : real;


begin
  clrscr;
  writeln ('Program Menghitung Jam, Menit dan Detik');
  writeln ('=============================');
  writeln;
  write ('Tuliskan Jumlah Hari =  ');
  readln (hari);


  jam       := hari * 24;
  menit    := jam * 60;
  detik    := menit * 60;


  writeln;
  writeln ('Hasilnya adalah      =  ', jam:4:0, '  Jam ');
  writeln ('                                  ', menit:4:0, '  Menit ');
  writeln ('                                  ', detik:4:0, '  Detik ');
  writeln;
  writeln ('Bagaimana.? Keren kan.? Haha..');
  writeln ('Terima Kasih Telah Mencoba.');
  readln;
end.


3. Program mengkonversi detik

program konversi_waktu;
{Maulana Affan 22/10/2014 16:56}


uses crt;

var
  jam, menit, detik, sisa, sisa2 : integer;


begin
  clrscr;
  writeln ('Program Konversi Waktu');
  writeln;
  writeln ('Masukkan Data');
  write ('Detik =  ');
  readln (detik);


  jam      := detik div 3600;
  sisa      := detik mod 3600;
  menit   := sisa div 60;
  sisa2    := sisa mod 60;
  detik    := sisa2;


  writeln;
  writeln ('Ini hasilnya =  ',jam,  '  Jam');
  writeln ('                      ',menit,  '  Menit');
  writeln ('                      ',detik,  '  Detik');
  readln;
end.


4.Program Konversi Suhu

program konversi_suhu;
{Maulana Affan 23/10/2014 14:30}


uses crt;

var
  celcius, fahrenheit, reamur, hasil : real;


begin
  clrscr;
  writeln ('Program Konversi Suhu');
  writeln ('================');
  writeln;
  write ('Masukkan Suhu Celcius =  ');
  readln (celcius);


  fahrenheit := (9/5 * celcius) + 32;
  reamur      := 4/5 * celcius;

  writeln ('Berikut Hasilnya      =  ',  fahrenheit:4:2,  '  F');
  writeln ('                               =  ',  reamur:4:2,  '  R');
  readln;
end.


5. Program Volume Balok

program volume_balok;
{Maulana Affan 22/10/2014 16:41}


uses crt;

var
  panjang, lebar, tinggi        : real;
  volume                             : real;


begin
  clrscr;
  writeln ('Program Volume Balok');
  writeln;
  writeln ('Masukkan Data');
  write ('Panjang cm =  ');
  readln (panjang);
  write ('Lebar   cm =  ');
  readln (lebar);
  write ('Tinggi  cm =  ');
  readln (tinggi);


  volume := panjang * lebar * tinggi;
  writeln;
  writeln ('Hasil Volume =  ',  volume:4:2,  '  cm^3');
  readln;
end.


6. Program Penilaian

program penilaian;
{Maulana Affan 26/10/2014 09:25}


uses crt;

var
  nilai : integer;


begin
  clrscr;
  writeln ('Program Penilaian');
  writeln ('============');
  writeln;
  write ('Masukkan Nilai Anda =  ');
  readln (nilai);


  if nilai > 85 then
    writeln ('Kategori Nilai Anda =  A')
  else

    if nilai > 70 then
      writeln ('Kategori Nilai Anda =  B')
    else

     if nilai > 60 then
       writeln ('Kategori Nilai Anda =  C')
     else

      if nilai > 50 then
        writeln ('Kategori Nilai Anda =  D')
      else

        writeln ('Kategori Nilai Anda =  E');
  readln;
end.


7. Program Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang

program luas_keliling;
{program menghitung luas dan keliling}
{Maulana Affan, 20/10/2014 18:57 WIB}


uses crt;

var
  panjang, lebar  : integer;
  luas, keliling     : integer;


begin
  clrscr;
  writeln ('Program Menghitung Luas Keliling Persegi Panjang');
  writeln;
  write ('Panjang  =  ');
  readln (panjang);
  write ('Lebar    =  ');
  readln (lebar);


  luas        := panjang * lebar;
  keliling   := 2 * (panjang * lebar);


  writeln;
  writeln ('Luas        =  ', luas);
  writeln ('Keliling   =  ', keliling);
  readln;
end.


8. Program Perubahan Bentuk Air

program perubahan_bentukair;
{Maulana Affan 26/10/2014 20:33}

uses crt;

var
  suhu : integer;

begin
  clrscr;
  writeln ('Program Perubahan Bentuk Air');
  writeln ('=====================');
  writeln;
  write ('Masukkan Suhu Air (Celcius) =  ');
  readln (suhu);

  if suhu >= 100 then
    writeln ('Air pada kondisi tersebut berbentuk gas.')
  else
   if suhu > 0 then
    writeln ('Air pada kondisi tersebut berbentuk cair.')
   else
    writeln ('Air pada kondisi tersebut berbentuk padat.');
  readln;
end.

Nah.. itu dia program yang sudah saya buat. Sebenarnya masih ada beberapa lagi, tapi takut kebanyakan jadi saya cuma memberikan beberapa saja. Oh ya.. sebelum menggunakan program itu, kamu terlebih dahulu mempunyai aplikasi pascal untuk menjalankan program tersebut.
Untuk postingan berikutnya, insyaallah saya akan memberikan aplikasi pascal yang bisa kalian download.
 
Cukup sekian artikel dari saya tentang program sederhana menggunakan pascal, kalau ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf. Bagi yang ingin memberikan kritik dan saran kalian, silahkan tinggalkan komentar.
Terima kasih. 
Share this article :

17 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMAWATI Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    2M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan AKI_SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 1 MINGGU
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKI_SAKTI
    kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 7Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 7M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi AKI_SAKTI DI NOMOR 085_242_421_477
    agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi AKI_SAKTI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. program SalahTempatNgentod;
      uses crt;

      begin;
      writeln('WOY NGACO LU BIADAB !!!');
      readln;
      end

      Hapus
  2. sangat bermanfaat dan bisa membantu orang lain :)
    Blog

    BalasHapus
  3. http://beritaantarnegara.blogspot.com/2017/05/seputar-judi-online.html

    http://camarpunyainfo.blogspot.com/2017/05/sejarah-perjudian-indonesia.html

    http://camarpunyatempat.blogspot.com/2017/05/seputar-dunia-camarqq.html

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya.
    Salam dari ARVIO CCTV
    WWW.ARVIOCCTV.COM

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas infonya sungguh bermanfaat kapan kapan bisa sharing lagi ya
    Rumah Agaric
    Home Agaric

    BalasHapus
  6. mantap pascal lumayan pusing sih, soalnya dulu pernah bikin program market dan hernia
    dari pascal hehe , terimakasih atas informasinya ya

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Cukup rumit ya bikin program menggunakan pascal, mau tanya nih kak , kalau mau bikin program dengan bahasa pascal selain menggunakan turbo pascal ada apa lagi ya?

    Kungjungi Website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    dan Website saya https://ernaningsih.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  9. Sangatt bermanfaat :))
    Kunjungi blog saya yah https://jesselynpascal.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Selamat malam Mimin :0
    blognya sangat membantu dan mudah utuk dimengerti. terimakasih banyakkkk
    saya sungguh senang.
    saya punya pertanyaan. boleh kan???
    saya adalah adalah pemula tapi saya sangat ingin belajar......
    apa sih kegunaan uses crt , var, const,clrscr dan masih banyak lagi yang ada dalam pemrograman??
    bagaimana cara kita menentukan var(tipe data) yang kita buat itu adalah string,integer,real,char???
    misalnya hari,bulan:integer; atau panjang,lebar,tinggi:real; dan sebagainya???
    mohon bantuannya. jawaban dari pertanyaan di atas akan sangat membantu saya dalam belajar....
    terimakasihh.

    BalasHapus
  11. Monggo yang mau pasang iklan di susumulus.com silahkan hubungi kami.
    Harga murah dan dijamin berkualitas

    BalasHapus

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blog Tempat Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger