Home » » Cara belajar yang baik dan efektif

Cara belajar yang baik dan efektif

Written By Maulana Affan on Minggu, 12 Januari 2014 | 21.24

images

Mungkin sebagian dari siswa-siswi merasa ingin menjadi siswa yang pandai dan selalu juara. Namun dari mereka banyak yang kesulitan untuk meraih hal tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi pemahaman seseorang dalam memahami pelajaran. Salah satunya adalah faktor belajar. Banyak siswa yang menganggap remeh waktu belajar ini. Atau bisa juga karena mereka bingung bagaimana caranya memiliki cara belajar yang baik. Nah.. kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang cara belajar yang baik dan efektif. Berikut ulasannya:

1. Niat dan kesadaran untuk belajar
Ketika kita melakukan sesuat tanpa ada niat, hal tersebut tidaklah akan berjalan dengan baik. Begitu juga dengan belajar, tanpa adanya niat dan kesadaran untuk belajar, tidaklah akan menjadi orang yang pandai selamanya. Beda ketika anda meskipun tidak pandai, namun dengan belajar rutin, anda akan lebih pintar dari orang-orang pintar di sekeliling anda.

2. Menciptakan suasana yang kondusif 
Dalam belajar, kamu harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga tidak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.

3. Belajar Kelompok
Ada tanggapan positif dan negatif mengenai belajar kelompok. Belajar kelompok sering dijadikan moment untuk kumpul bareng, bukan waktu untuk belajar. Namun jika hal tersebut bisa dicegah, belajar kelompok akan mempermudah anda untuk memahami apa yang anda pelajari karena bisa saling share dan bertanya bila ada yang belum paham. Ada kalanya siswa yang takut bertanya ketika sedang dikelas, namun dengan adanya belajar kelompok, setidaknya siswa tersebut berani menanyakan hal yang mungkin belum paham kepada teman-temannya, begitu juga yang sudah paham. Dengan mencoba untuk menerangkan kembali kepada teman yang belum paham akan membuat apa yang kita sampaikan menjadi lebih paham dan nancap pada otak kita.

4. Buatlah catatan intisari dari bahan pelajaran
Kalau kamu meringkas materi dari setiap bahan pelajaran ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantumu mengingat bahan pelajaran itu. Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun kamu berada.

5. Mengulang apa yang telah kita pelajari
Belajar sekali saja tidaklah cukup untuk bisa memahami apa yang kita inginkan. Mengulang merupakan salah satu hal yang sangat bagus untuk bisa memahami apa yang kita pelajari. Coabalah untuk membaca kembali apa yang telah kita tulis dan kita pelajari sehari 1-3 kali. Hal itu pasti akan berdampak sangat bagus untuk metode belajar anda.

6. Pahami bukan dihafal
Pada dasarnya menghafal kuranglah efektif, namun apabila memang perlu untuk Sistem Kejar Semalam, hal tersebut bolehlah sesekali dilakukan dengan metode menghafal. Tetapi, jika kita betul-betul ingin agar materi yang kita pelajari masuk ke otak, metode memahami adalah yang paling baik.


7. Tidak takut gagal
Dalam hidup ini, gagal adalah teman kita juga, jadi jangan pernah menghindar darinya. Kita terjatuh, untuk apa? agar kita tahu bagaimana cara untuk bangun. Kita tidak akan pernah tahu yang benar itu bagaimana jika kita tidak kenal dengan kesalahan. Materi sesulit apapun, pasti akan bisa kita kuasai asal tidak ada kata menyerah memahaminya. Coba terus, gagal sudah biasa.



Itu tadi beberapa cara belajar yang baik dan efektif. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, insyaallah cara belajar kita menjadi lebih baik dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Sekian informasinya. 
Semoga bermanfaat.
Share this article :

2 komentar:

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blog Tempat Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger